Powered By Blogger

Friday, March 24, 2017

Bacalah

Membaca adalah aktivitas yang membosankan bagi sebagian orang, tak terkecuali saya, tetapi sebagian yang lain kegiatan membaca adalah aktivitas yang mengasyikkan terutama bagi anak muda yang lagi kasmaran seperti membaca status orang di facebook, komik, apalagi saat membaca sms dari kekasihnya, berani jamin pasti senyum- senyum sendiri.

Kegiatan membaca merupakan sesuatu yang amat bermanfaat untuk semua orang. Karena dengan membaca kita akan membuka cakrawala berpikir, dengan membaca juga akan menambah wawasan dan  juga kita dapat mengetahui sesuatu yang belum kita tahu sebelumnya.

Agama saya juga memerintahkan kita untuk membaca. Tidaklah Al Qur’an diturunkan melainkan perintah yang pertama kali untuk dilakukan adalah membaca. Hal ini sebagaimana tertulis di dalam surat Al Alaq ayat satu berbunyi “ IQRA” ( bacalah ), maka membaca merupakan sesuatu yang sangat agung. Tidaklah seseorang yang menyia-nyiakan membaca melainkan akan ditimpa sesuatu kejahilan. Wadeeeew mulai ceramah. Hehe

Jadi jangan pernah tinggalkan hari- harimu tanpa membaca, walaupun hanya satu kalimat. Jangan beralasan karena tidak ada buku yang harus dibaca. Membaca tidak mesti harus dengan buku pelajaran di sekolah. Banyak kok yang bisa dibaca seperti artikel, koran dan berbagai tulisan lainnya. Kita juga bisa membaca kemasan suatu produk, dapat mengetahui bahan-bahan  suatu produk makanan, sekalian juga dapat menambah  kosa kata bahasa Inggris. Misalkan komposisi : ingredients, gula : sugar, garam : salt dll. Mudahkan makanya jangan malas untuk membaca.

Tak terlebih terutama untuk kalangan mahasisawa. Seharusnya membaca adalah menjadi kegiatan utama bagi para mahasiswa dan seharusnya menjadi kebutuhan. Dosen mikrobiologi saya pernah berkata mahasiswa yang tidak membaca adalah mahasiswa yang paling aneh (Mr. Faturrahman).

Perkataan dosenku benar adanya, mahasiswa adalah seorang intelek dan harus memiliki banyak wawasan, tapi bagaimana kita mau berwawasan jika kita tidak pernah membaca buku, apalagi untuk membaca, ini memegangnya saja tidak pernah bagaimana kita mau pintar. Kita ingin pandai dan mendapatkan nilai terbaik dikampus tetapi membacanya saja sehari sebelum ujian, tak pelak sistem membacanya adalah SKS ( Sistem Kebut Semalam). Jika seandainya buku itu bisa bicara niscaya dia akan berkata: “untuk apa kamu membeliku, untuk apa kamu mencopyku, pada akhirnya aku harus berada di rak, bertumpuk- tumpuk dan tertutup oleh debu, apa kamu tidak mau mengambil ilmu dariku, tidakkah kamu memanfaatkanku, sungguh kamu telah menzolimiku”, nah apa kamu tidak merinding dengan perkataannya yang ngeri itu. Jika kamu merasa telah menzolimi buku bertumpuk- tumpuk yang telah usang di mejamu maka mulai sekarang mari kita membaca.

***

1 comment:

  1. Titanium trimmer - TITanium Artists - TITE.com
    TITanium titanium max Artists is a babylisspro nano titanium hair dryer leading supplier of platinum and titanium undertaker iron, platinum columbia titanium pants & methanol.Titanium artists. All products include copper titanium jewelry piercing and nickel.

    ReplyDelete